7 Cara Cari dan Lamar Lowongan Kerja yang Asyik

Sering gagal dapetin lowongan kerja yang diimpikan? Udah nyobain berbagai loker tapi belum juga berhasil?
7 Cara Cari dan Lamar Lowongan Kerja yang Asyik

Sering gagal dapetin lowongan kerja yang diimpikan? Udah nyobain berbagai loker tapi belum juga berhasil?

Tenang, kita punya beberapa trik asyik buat melamar lowongan kerja impianmu!


1. Bikin CV yang Gokil

Langkah pertama buat cari kerja yang efektif? Bikin CV yang kece! Menurut The Balance Careers, CV yang oke itu yang nyeritain skill dan pengalaman sesuai sama posisi yang mau kamu incar.

Jadi, mungkin kamu perlu bikin beberapa CV keren kalo mau melamar ke posisi yang berbeda-beda. Jangan lupa update CV dan portofoliomu secara reguler juga, ya.


2. Cari Lowongan Sesuai Skill dan Pengalaman

Setelah bikin CV kece, langkah selanjutnya cari lowongan yang cocok sama skill dan pengalamamu. Gampangin pencarianmu pake fitur pencarian di mesin pencari atau platform lowongan kerja kaya Glints.

Cukup ketik posisi yang mau kamu lamar, misalnya content writer. Pake juga fitur filter buat ngecilin area pencarianmu, biar lebih gampang nemuin lowongan sesuai skill, pengalaman, dan lokasi tinggalmu.


3. Manfaatkan Berbagai Platform Lamaran

Menurut Indeed, cara mencari kerja yang efektif itu juga bisa lewat berbagai platform lamaran. Kebanyakan perusahaan cuma pake satu situs pencarian kerja buat posting lowongan.

Tapi, mereka juga suka banget buka lowongan lewat sosmed kayak LinkedIn, Instagram, atau Twitter. Jadi, manfaatin aja berbagai situs buat melamar kerja.

Tapi inget, cuma pake satu platform buat lamar di satu perusahaan. Misalnya, pake LinkedIn buat lamar kerja content writer di perusahaan A. Kalo ada lowongan yang sama di situs lain, gak perlu lamar dua kali. Bikin recruiter bingung, dan bisa lama banget dibalesnya.


4. Pastikan Rekruter Bisa Nyampein Kabar

Skill dan pengalaman sesuai sama lowongan yang mau kamu lamar? Nah, rekruter bakal nyampein kabar lewat email, telepon, atau WhatsApp.

Jadi, pastiin aja kalo nomor HP dan WhatsApp-mu aktif terus. Jangan lupa cek email tiap hari biar gak ada kabar dari rekruter yang kelewat.


Baca juga : 8 Tips Gokil Buat Nge-Apply Pekerjaan Lewat Situs Lowongan Kerja

5. Manfaatkan Koneksi Kamu

Salah satu cara efektif cari kerja adalah manfaatin koneksi. Networking sampai sekarang masih jadi cara umum buat dapetin pekerjaan.

Jadi, jalin hubungan baik, baik online maupun offline, sama semua orang yang kamu kenal. Kamu gak pernah tau koneksi mana yang bisa bantuin kamu dapetin kerja.

Jika bisa, buatlah hubungan baik sama profesional di bidang yang kamu pengen. Bakal lebih gampang dapetin info lowongan sesuai skill dan kemampuanmu.


6. Tingkatkan Skill Sambil Nunggu Panggilan Interview

Meskipun udah nyoba berbagai cara cari kerja yang efektif, proses ini tetap bisa lama, lho. Sambil nunggu panggilan rekrutmen, kamu bisa tingkatin skill baru yang bisa jadi bakal berguna buat kariermu.

Mumpung ada waktu luang, kamu bisa ikutan kelas, seminar, atau workshop, atau baca buku buat nambah ilmu. Atau mungkin kerja sama sama temen buat belajar skill baru.


7. Latihan Interview

Terakhir, jangan lupa buat latihan interview biar siap kalo ada panggilan dari rekruter. Biar usaha cari kerjamu gak sia-sia gara-gara gagal interview.

Pelajari pertanyaan-pertanyaan umum di interview dan cari jawaban yang pas. Persiapkan juga cerita yang bisa nunjukkin skill dan pengalamanmu. Dengan persiapan ini, kamu bisa ngomongin pengalaman dan skill-mu dengan lebih jelas dan detail.

Baca Juga
Table of Contents

Memuat…