6 Tips Pinter Buat Fresh Grad di Dunia Kerja

Kalo pengen sukses nantinya, coba deh perhatiin 7 Tips Kekinian Buat Fresh Grad di dunia kerja.
6 Tips Pinter Buat Fresh Grad di Dunia Kerja

Di dunia kerja, fresh grad itu kayak bayi yang baru lahir. Kita bisa dibilang masih nubie banget karena belum punya pengalaman kerja. Jadi, tugas utama kita sebagai fresh grad adalah belajar, terus belajar. Kalo pengen sukses nantinya, coba deh perhatiin 7 Tips Kekinian Buat Fresh Grad di dunia kerja.

1. Jadi Pekerja yang Taat

Taat itu kewajiban buat kita sebagai fresh grad. Kita masih baru di dunia kerja, jadi harus tunduk sama sistem yang udah ada. Anggep aja kantor itu kayak keluarga, ada aturan mainnya. Kita kudu tau siapa yang punya wewenang dan siapa yang harus kita dengerin. Kalo ada keputusan mendesak, harus tau siapa yang bisa putusin.

2. Jangan Dengerin Mulut Temen Terus

Biasanya selalu ada temen yang suka ngasi pendapat negatif soal kerjaan. Mereka cenderung ngeracunin pikiran kita. Kita sebagai fresh grad mesti tetep punya pikiran positif, jadi diri sendiri, dan yakin sama kemampuan kita. Ingat, kita kerja buat diri kita sendiri, bukan buat yang lain.

3. Bergaul Sama Karyawan Senior

Kita harus pandai bergaul sama karyawan yang senior karena merekalah sumber ilmu dan pengalaman buat kita. Bisa belajar banyak dari mereka, mulai dari pengalaman pahit sampe manisnya kerja di berbagai tempat. Selain itu, kita juga jadi lebih ngerti budaya kerja di perusahaan kita.

4. Jadi Orang yang Supel di Pekerjaan

Supel bukan berarti kita sok pemuja atau cari muka. Supel disini maksudnya sikap ramah dan bisa berbaur. Sikap supel kita bisa bantu karir kita, karena kita bisa banyak nanya dan ngertiin industri perusahaan serta ngembangin keahlian yang kita suka.

5. Jangan Kasih Label Buruk ke Temen Kerja

Jangan pernah stereotyping temen kerja sebagai pesaing. Kalo kita ngasih label gitu, malah ngeblok potensi kita sendiri. Kita bakal sibuk cari kelemahan temen kerja, tapi lupa nggali potensi kita sendiri. Lebih baik kita fokus galiin potensi kita, daripada ngejudge terus-terusan.

6. Seriusin Pekerjaan dari Awal

Ini sering diabaikan sama fresh grad. Menekuni pekerjaan dari awal itu gak gampang dan bukan cuma buat jangka pendek. Kita harus mikir panjang, apakah pekerjaan ini sesuai sama minat, bakat, dan potensi kita. 

Jangan lupa juga perhatiin kesehatan kita ke depannya. Contohnya, kalo kita mau berkarir di digital marketing, kita harus mikirin potensi ke depannya. Dunia digital marketing itu dinamis, kita harus siap belajar terus sepanjang karir. Biasanya, orang yang kerja di digital marketing sering lupain kesehatan mata. Padahal, mata itu yang paling kerja keras. Jadi, jangan lupa jaga kesehatan mata juga, ya!

Jadi, itulah 6 tips kekinian buat fresh grad di dunia kerja. Semoga bisa bantu kamu yang lagi nyari kerja. Ingat, selalu perhatiin kesehatan juga buat masa depan kamu!
Baca Juga
Table of Contents

Memuat…